Konsultasi dan Sosialisasi Publik AMDAL Pengembangan RSUD dr. Soedomo


KONSULTASI DAN SOSIALISASI PUBLIK AMDAL PENGEMBANGAN RSUD DR. SOEDOMO

 

Pada tanggal 26 Maret 2018 di RSUD dr. Soedomo mengadakan kegiatan Pengumuman Studi AMDAL RSUD dr. Soedomo Kabupaten Trenggalek di aula pertemuan lantai dua yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Trenggalek, pejabat Pemerintah Kabupaten Trenggalek dan pejabat Struktural RSUD dr. Soedomo beserta Instalasi yang bersangkutan, yaitu Instalasi Saranan dan Prasarana Rumah Sakit (IPS – RS) dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Dalam rangka memenuhi Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Nomor 17 Tahun 2012 Tentang Pedoman Keterlibatan Masyarakat dalam Proses AMDAL dan Izin Lingkungan, bersama ini diumumkan bahwa RSUD dr. Soedomo Trenggalek akan melakukan kajian AMDAL Rencana Pegembangan RSUD dr. Soedomo Trenggalek. Adapun data terkait rencana pengembangan RSUD dr. Soedomo Trenggalek sebagai berikut :

 

KEGIATAN   : PENGEMBANGAN RSUD dr. SOEDOMO TRENGGALEK

LOKASI         : Jl. Dr. Soetomo No. 02, Kelurahan Tamanan, Kecamatan Trenggalek, Kabupaten Trenggalek

Oleh              : RSUD dr. Soedomo Trenggalek

 

DETAIL PENGEMBANGAN

  1. Penambahan luas lahan dari 22.800 m2 menjadi 33.500 m2 dengan luas bangunan seluas 20.373 m2
  2. Penambahan kapasitas tempat tidur dari 257 unit menjadi 525 unit.
  3. Penambahan 1 unit incinerator
  4. Penambahan 1 unit pengelolaan limbah cair

 

Sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2012 Tentang Rencana Kegiatan Usaha dan atau Kegiatan Yang Wajib Memiliki AMDAL dan mengacu pada arahan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur Nomor 600/2853/111.2/2018 Tentang Arahan Dokumen Lingkungan RSUD dr. Soedomo bahwa jenis kegiatan pembangunan gedung dengan luas lahan >= 25 Ha, atau luas bangunan >=10.000 m2 adalah WAJIB AMDAL. Dampak positif yang akan muncul antara lain, meningkatnya roda perekonomian masyarakat sekitar karena kegiatan rumah sakit adalah kegiatan yang bersifat penarik terciptanya lapangan kerja dan usaha baru. Sedangkan dampak negatif yang diperkirakan akan muncul antara lain penurunan kualitas udara, penurunan kualitas air, tingginya pergerakan lokal pada jaringan jalan di sekitar lahan serta perubahan sosial keresahan masyarakat.

 

Dalam kesempatan yang baik ini Sekretaris daerah Kabupaten Trenggalek juga menyampaikan pidato terkait acara Kajian AMDAL yang disampaikan di tengah = tengah hadirin undangan, adapun isi pidato tersebut adalah sebagaimana berikut :

 

Assalammu’alaikum Wr. Wb.

Yth. Tim Pemrakarsa, Direktur RSUD dr. Soedomo dan segenap jajarannya.

Yth. Bapak dan Ibu Undangan Konsultasi Publik

Yth. Bapak dan Ibu Konsultan AMDAL

 

Selamat pagi dan salam sejahtera

Mengawali sambutan pada pagi hari ini, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan berkahnya pada hari yang cerah ini kita semua diberi kesehatan sehingga dapat berkumpul disini menghadiri acara “KONSULTASI DAN SOSIALISASI PUBLIK AMDAL PENGEMBANGAN  RSUD dr. SOEDOMO “

 

Terima kasih saya ucakan kepada para undangan dari Pemerintah Kabupaten Trenggalek, terima kasih pula saya ucapkan kepada bapak dan ibu perwakilan dari Kecamatan Trenggalek dan Kelurahan Tamanan yang bersedia berpartisipasi dalam acara ini.

 

Hadirin yang berbahagia,

 

Sebagai wilayah yang memiiki perkembangan perkotaan yang dinamis, Kabupaten Trenggalek secara berkelanjutan juga terus melakukan perbaikan dan pengembangan terhadap fasilitas dan pelayanan terhadap masyarakat, dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Trenggalek yang salah satunya adalah kebutuhan akan fasilitas kesehatan. Terutama pada masa kini, pengaruh Climate Change pada aspek kesehatan masyarakat menimbulkan dampak yang signifikan, sehingga kebutuhan masyarakat akan askes dan pelayanan kesehatan semakin meningkat.

 

Menanggapi perkembangan terkini dan permasalahan tersebut, RSUD dr. Soedomo Kabupaten Trenggalek sebagai salah satu fasilitas kesehatan di Kabupaten Trenggalek telah melakukan upaya peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Upaya peningkatan pelayanan tentunya disertai dengan pengembangan fisik rumah sakit, diantaranya penambahan luas lahan dan luas bangunan.

 

Hadirin yang berbahagia,

 

Apabila mengacu pada konsep sustainable development, setiap pembangunan diharapkan memberi perhatian pada 3 aspek, yaitu fisik lingkungan, sosial budaya dan ekonomi. Dalam rangka menerapkan konsep sustainable development tersebut, maka dalam pengembangan RSUD dr. Soedomo, kami juga memasukkan kajian terhadap fisik lingkungan hidup yang kami wujudkan dalam kegiatan penyusunan AMDAL Pengembangan RSUD dr. Soedomo ini.

 

Analisis Mengenai Dampak Lingkungan atau yang lebih dikenal sebagai AMDAL, adalah merupakan salah satu instrumen pengaturan dalam upaya pembangunan suatu sistem pemanfaatan sumber daya alam secara arif melalui suatu pengelolaan lingkungan yang didalamnya memuat dan mempertimbangkan berbagai aspek lingkungan (baik aspek fisik, kimia dan biologi), maupun aspek sosial, budaya dan kesehatan masyarakat.

 

Hadirin yang berbahagia,

 

Mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 17 Tahun 2012 Tentang Pedoman Keterlibatan Masyarakat Umum dalam Proses Analisis Dampak Lingkungan Hidup dan Izin Lingkungan maka kami mengadakan acara “ KONSULTASI DAN SOSIALISASI PUBLIK AMDAL PENGEMBANGAN RSUD dr. SOEDOMO” dengan harapan yang ingin kami capai antara lain :

  1. Tersampaikannya informasi mengenai rencana pengembangan RSUD dr. Soedomo.
  2. Terkumpulnya semua saran, pendapat dan tanggapan masyarakat terkait dengan rencana pengembangan RSUD dr. Soedomo.
  3. Masyarakat memiliki peran dan partisipasi dalam proses penyusunan AMDAL Pengembangan RSUD dr. Soedomo.

 

Hadirin yang berbahagia,

 

Saya harap acara pada pagi hari ini dapat memberikan manfaat yang berarti dan menghasilkan saran, pendapat dan tanggapan yang bermanfaat untuk kelancaran proses penyusunan AMDAL Pengembangan RSUD dr. Soedomo.

 

Demikian sambutan dari saya, atas perhatian bapak dan ibu sekalian, saya ucapkan terima kasih sebanyak – banyaknya.

 

Wassalammu’alaikum Wr.Wb.

Selamat pagi dan slam sejahtera.

 

Kesimpulan yang dapat diambil adalah daripada karena itu kami mohon partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Kajian AMDAL tersebut untuk menyampaikan Saran, Pendapat dan Tanggapan secara tertulis dengan menyebutkan NAMA dan ALAMAT Jelas dan disampaikan kepada :

  1. KANTOR DINAS LINGKUNGAN HIDUP PROVINSI JAWA TIMUR

Jl. Wisata Menanggal Nomor 38, Surabaya 60234 Telp. 031 8543852 – 53 Email : dlh.jatim@gmail.com

  1. KANTOR DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN TRENGGALEK

Jl. Raya Trenggalek – Ponorogo KM. 03, Kelurahan Tamanan, Kecamatan Trenggalek 66361 Telp. 0355 791550

Email : pkplh.@trenggalekkab.go.id

  1. RSUD dr. SOEDOMO KABUPATEN TRENGGALEK

Jl. Dr. Soetomo No. 02, Kelurahan Tamanan, Kecamatan Trenggalek Telp. 0355 793110

Email : rsuddrsoedomo_trenggalek@yahoo.co.id

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *